Pengertian Buta Warna dan Penyebabnya



Buta warna, seperti apa ya ? nah kali ini saya akan membagikan penjelasan tentang penyebab buta warna. Dengan mengetahui penyebab sejak dini maka masa depan kita bisa lebih terarah dengan baik

Buta warna dibagi dalam dua kategori, yaitu

1. Buta warna total
2. Buta warna parsial

Pada buta warna total, penyandangnya tidak bisa mengenali warna lain, kecuali hitam dan putih. Untungnya, kasus yang disebabkan ketiadaan pigmen warna pada sel retina ini sangat jarang terjadi.

Sementara itu, pada buta warna parsial, penyandang mengalami defisiensi (kekurangan) pigmen dalam sel retina sehingga tidak bisa melihat warna tertentu saja. Gabungan defisiensi merah dan hijau adalah gangguan yang paling sering terjadi, sedangkan defisiensi biru jarang sekali.

Yang perlu diluruskan, penderita buta warna bukan tidak bisa mengenali satu warna tertentu, tetapi ia tak bisa mengenali kombinasi atau campuran warna. Ia bisa saja tahu warna-warna dasar, seperti kuning, merah, dan biru, serta warna-warna sekunder, seperti hijau, jingga, dan ungu. Namun, ketika warna-warna itu dikombinasikan lagi dengan warna lainnya, ia tidak mampu mengenali atau bingung menentukan, apakah itu hijau tua atau biru, dan sebagainya.


Ada beberapa penyebab buta warna. Pertama adalah keturunan, yang kedua karena didapat. Buta warna bawaan disebabkan adanya mutasi dalam kromosom X yang diturunkan ayah atau ibu. Kasus buta warna lebih banyak terjadi pada laki-laki. Mengapa? Karena laki-laki yang terbentuk dari kromosom XY hanya mempunyai satu kromosom X. Dengan demikian, jika kromosom X-nya terganggu atau rusak, maka dia berpotensi lebih besar mengalami buta warna.

Sementara itu, perempuan yang terbentuk dari kromosom XX, jika salah satu kromosom X-nya mengalami gangguan, masih ada satu kromosom X lagi sehingga ia hanya menjadi pembawa sifat (carrier) buta warna.

Penyebab lain buta warna adalah karena didapat. Hal ini biasanya terjadi ketika anak mengalami kerusakan retina atau cedera (trauma) pada otak yang menyebabkan pembengkakan di lobus occipital. Kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet karena tidak menggunakan pelindung mata secara benar juga bisa menyebabkan buta warna.

Menurut dr Amyta Miranty, Sp M, Presiden Direktur RS Mata Aini, Jakarta, orangtua perlu waspada dan segera memeriksakan anaknya bila tidak bisa membedakan warna atau salah menyebutkan warna meski sudah sering diajarkan. Perhatikan juga riwayat keluarga, apakah ada anggota keluarga yang mengalami buta warna.

Orangtua bisa melakukan pemeriksaan buta warna sendiri di rumah. Caranya, campurkan benang wol beraneka warna. Kemudian, minta anak mengambil benang warna tertentu. Jika ia tampak bingung, maka sekecil apa pun kecurigaan, tak ada salahnya untuk dikonsultasikan pada dokter mata.

Untuk memastikan kasus buta warna, dokter mata umumnya akan melakukan tes hara dengan buku berisi kombinasi berbagai warna. Biasanya juga akan dilakukan tes penunjang, seperti pemeriksaan organ mata, dan sebagainya. Kerusakan itu secara umum tak hanya terkait dengan keluhan buta warna, tetapi juga pada hal lain, semisal ketajaman penglihatan, luas pandang, dan sebagainya.

Yang perlu disadari, anak penderita buta warna tidak mengalami hambatan secara fisik dan kesehatan. Anak tetap dapat hidup, beraktivitas, bersekolah, berkarier, dan sebagainya. Orangtua bisa mengarahkan anak pada bidang-bidang profesi yang tidak membutuhkan keahlian warna secara dominan.

Nah, sekarang lihat gambar di bawah ini...!!!

 

Dengan 4 TEKNIK TERAPI RAHASIA dari PAKET DI ATAS, 829 Orang BUTA WARNA BERHASIL LOLOS TES  di TNI, POLRI, Pelayaran, Perusahaan dan Instansi lainnya!!!

BACA DAN MILIKI PAKETNYA SEKARANG JUGA, DI SINI...!!!

Atau PESAN SEKARANG DI T'SEL: 0812-1646-239 (Telp/SMS/Whatsapp)...!!!

Sumber: kompas.com

6 Responses to "Pengertian Buta Warna dan Penyebabnya"

  1. bagaimana jika buta warna bukan krna kturunan mlainkan krna pnyebab lain . Trus apa kr0mosom darinya akan ke anaknya juga ? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Saya trmasuk buta warna persial dok

      Hapus
  2. Apakah ada obat untuk menyebmbuhkan penyakit buta warna itu

    BalasHapus
  3. Apakah ada obat untuk menyebmbuhkan penyakit buta warna itu

    BalasHapus
  4. Kmrn sy ke dokter mata menanyakan apakah lensa buta warna benar2 menjadi solusi yang bisa mengatasi buta warna? Ternyata sama sekali tidak bisa. Malah lensa tersebut bisa merusak keadaan pupil mata. Lensa buta warna berwarna merah dan terbuat dari silicon, bisa menyebabkan pupil mata gores dan luka. Ngeri..

    Pake yang realistis aja deh. Aq sharing dan berbagi aja sih. Hanya sekedar latihan baca buku ishihara dengan metode yang tepat, sudah cukup kok untuk bisa lolos tes buta warna di secaba TNI kaya aq.

    Ini aq share link-nya:

    Hub aja mas David dari CV. Fitrah Cemerlang
    0878 5535 5510 bisa whats app, bisa sms atau telp

    atau klik di sini: Buta Warna

    BalasHapus